Jumat, 22 Juli 2016

Macam-macam Pelaku Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Kegiatan ekonomi melibatkan paling sedikit dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen. Setiap pelaku memliki peran masing-masing dalam melakukan kegiatan ekonomi. Seirig berjalannya waktu, pelaku ekonomi tidak hanya rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen. Akan tetapi, dalam kegiatan perekonomian suatu negara terdapat pelaku ekonomi lain seperti rumah tangga negara(pemerintah) dan masyarakat luar negeri.

MACAM MACAM PELAKU KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA
a.       Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Istilah konsumen berkaitan dengan subjek yang melakukan kegiatan ekonomi berupa konsumsi. Subjek tersebut terdiri atas perorangan, keluarga, kelompok masyarakat dan organisasi. Kegiatan konsumsi dilakukan rumah tangga konsumen dengan cara menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan/atau jasa..
b.      Rumah Tangga Prousen (RTP)
Rumah tangga produse memiliki kegiaan uama sebagai penghasil barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terdapat ketergantungan antara RTP dan RTK sebagai penyedia faktor produksi.
c.       Rumah Tangga Negara
Kegiatan ekonomi di suatu negara tidak terlepas dari peran rumah tangga negara (RTN) atau pemerintah. Pemeritah berperan mengatur, mengendalikan dan mengawasi kegiatan ekonomi suatu negara..
d.      Masyarakat Luar Negeri
Masyarakat luar negeri, yaitu kelompok pelaku ekonomi dari negara lain. Kehadiran produk impor di Indonesia menunjukkan adanya kegiatan ekonomi masyarakat luar negeri dalam perekonomian nasional. Beberapa negara di dunia melakukan kerjasama perdagangan ekpor impor untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di satu sisi, pelaku ekonomi dalam negeri seperti rumah tangga produsen melakukan kegiatan ekspor untuk menjual produknya di luar negeri. Di sisi lain, pelaku ekonomi dalam negeri juga mengimpor barang dari luar negeri. Kegiatan impor dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sehingga kelangsungan hidup masyarakat dalam negeri tidak terganggu..

Sumber : Buku Ekonomi Kelas X Semester 1 (Intan Pariwara)

1 komentar: