Kamis, 21 Juli 2016

Kelangkaan

Kelangkaan merupakan inti masalah ekonomi yang sering terjadi di masyarakat. Inti masalah ekonomi berupa ketidak seimbangan antara kebutuhan yang tidak terbatas  dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Kelangakaan dapat terjadi, baik pada barang maupun jasa. Kelangkaan dapat dipandang sebagai sumbe sagala masalah ekonomi. Masalah kelangkaan dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

a.       Keterbatasan Sumber Daya
Lingkungan alam menyediakan sumber daya melimpah bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi, jumlah sumber daya alam semakin berkurang akibat sifat manusia yang serakah.
b.      Perbedaan Letak Geografis
Letak geografi yang berbeda-beda menyebabkan persebaran sumber daya menjadi tidak merata. Ada wilayah yang tanahnya subur dan kaya barang tambang. Ada pula wilayah yang tandus dan kekurangan barang tambang.
c.       Ketidak seimbangan Pertumbuhan Penduduk
Menurut Thomas Robert Mathus, laju pertumbuhan penduduk lebih cepat daripada laju pertumbuhan produksi. Pertambahan jumlah penduduk yang cepat tidak diikuti dengan hasil produksi. Akibatnya, hasil produski tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia yang beragam.
d.      Kemampuan Produksi yang Rendah
Kemampuan produksi berprngaruh terhadap ketersediaan barang dan jasa. Jika kemampuan produksi terbatas akan mengakibatkan rendahnya kapasitas produksi. Keterbatasan produksi disebabkan oleh rendahnya kemampuan sumber daya manusia yang digunakan dalam kegiatan produksi. Selain itu keterbatasan produksi disebabkan masih digunakannya peralatan tradisional dalam kegiatan produksi. Akibatnya, peralatan produksi hanya bekerja pada kapasitas tertentu.
e.       Perkembangan Teknologi yang Lambat
Teknologi yang digunakan produsen dalam proses produksi tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Produsen butuh waktu untuk menerapkan teknologi produsi yang baru, sementara kebutuhan hidup manusia terus berkembang
f.        Terjadinya Bencana Alam
Bencana alam adalah faktor alam yang bisa mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup. Adanya bencana alam bisa menimbulkan kerusakan lingkungan sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

CARA MENGATASI KELANGKAAN SUMBER DAYA
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kelangkaan sebagai berikut.
a.       Memanfaatkan Sumber Daya dengan Bijak
Pemanfaatan sumber daya dengan bijak yaitu dengan cara melakukan penghemaan agar tidak cepat habis. Dengan bersikap bijak dan peduli, kebutuhan masyarakat dapat terprnuhi hingga tercapai kepuasan maksimal.
b.      Membuat Skala Prioritas Kebutuhan
Skala prioritas kebutuhan manusia adalah urutan kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kepentingan kebutuhan. Membuat skala prioritas kebutuhan memudahan dalam memenuhi kebutuhan secara memuaskan dengan pengorbana tertentu.
c.       Menemukan Sumber Daya Alternatif
d.      Mengelola Keuangan Secara Efisien
Pengelolaan uang secara efisien dapat menghindarkan dari perilaku konsumtif. Tindakan mengelola uang secaa efisien secara tidak langsung melatih disiplin dan tanggung jawab dalam hal keuangan.

Sumber : Buku Ekonomi Kelas X Semester 1 (Intan Pariwara)

1 komentar: