Kamis, 27 Desember 2012

Sejarah Internet

Internet (Interconnected Network) berawal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990), seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology tentang sebuah galatic networks (Jaringan-jaringan antar planet) di awal tahun 1960-an. Ketika Licklider bekerja pada Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon, ia bertemu dengan Lawrence G. Robert (1964) yang mencoba mewujudkan impian tersebut. Namun, baru pada bulan Desember 1966 Robert serius mengembangkan internet.
Internet pertama kali dikembangkan dalam penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). Proyek ini menghubungkan pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat penelitian universitas-universitas di Amerika Serikat untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir.

Jaringan internet dinilai efektif karena memiliki protokol dan sistem pencari rute-rute alternatif untuk menyebarkan data dan informasi sehingga kalau satu titik diserang, sistem jaringan tetap dapat berfungsi. Setelah sukses dalam proyek pertamanya, internet terus dikembangkan oleh berbagai pihak. Berikut ini adalah beberapa pengembangan yang dilakukan.
1.      Packet Switching. Pada tahun 1968, ARPANet memulai penelitian yang menjadi permulaan packet switching yang membuat komunikasi antar jaringan bisa dilakukan. Jaringan inilah yang sekarang kalian kenal dengan nama internet.
2.      Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Pada akhir tahun 1970-an, Vinton G. Cerf dan Robert E. Kahn berhasil menyempurnakan packet switching menjadi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang sampai saat ini masih digunakan.
3.      Pembuatan sakelar jaringan. Sakelar jaringan yang pertama dan server jaringan pertama di wilayah pesisir timur Amerika Serikat dibuat pada tahun 1970 oleh Bolt, Beranek & Newman (BBN).
4.      Pembuatan e-mail. Pada tahun 1971, Ray Tomlinson membuat program e-mail yang kemudian menarik ilmuwan lain untuk mengembangkan internet.
Internet sudah menempuh perjalanan yang panjang, akan tetapi pada umumnya orang baru mulai melihat pada tahun 1970-an. Perkembangan teknologi Internet sempat surut, dan baru sekitar tahun 1990 Internet kembali berkembang. Pada tahun 1995, Internet menjadi lebih populer. Hal ini ditandai dengan bertambahnya domain komersial secara pesat dan munculnya jaringan world wide web (www).
Selain internet, terdapat pula intranet yang merupakan jaringan komputer dengan jangkauan yang lebih kecil. Intranet ini sebenarnya lahir pada saat yang bersamaan dengan teknologi internet, tetapi perkembangannya memang agak lambat. Teknologi intranet sifatnya lebih independen dan pada awalnya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Hal yang mendorong penggunaan intranet adalah kebutuhan adanya penyebaran informasi yang lebih baik (di perusahaan). Selain itu, intranet juga membuat komunikasi dan rasa tanggung jawab antarpegawai semakin baik.

Sumber : BSE TIK Kelas 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar